MAKALAH
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
INFORMASI
Disusun Oleh :
Nama : DIKY ISKANDAR
NIM : A2.1200180
KELAS : TI – I C
STMIK SUMEDANG TEKNIK INFORMATIKA
2015 - 2016
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami ucapkan atas kehadirat Allah SWT,
karena dengan rahmat dan karunia-Nya penulis masih diberi kesempatan untuk
bekerja sama untuk menyelesaikan makalah ini. dimana makalah ini merupakan
salah satu dari tugas mata kuliah yaitu PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI.
Tidak lupa Penulis ucapkan terimakasih kepada dosen
dan teman-teman yang telah memberikan dukungan dalam menyelesaikan makalah ini.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan.
Oleh sebab itu Penulis sangat mengharapkan kritik
dan saran yang membangun. Dan semoga dengan selesainya makalah ini dapat
bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman. Amin...
Demikianlah yang saya dapat paparkan dalam makalah
ini kalau ada kata yang kurang mohon di maafkan sekian dan terima kasih.
SUMEDANG, Oktober
2015
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ........................................................................................... i
DAFTAR ISI ......................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN ..................................................................................... 1
1.1 LATAR BELAKANG ................................................................................... 1
1.2 RUMUSAN MASALAH .............................................................................. 2
1.3 MANFAAT .................................................................................................... 2
1.4 TUJUAN ....................................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN ...................................................................................... 3
2.1 DEFINSI DAN PENGERTIAN INFORMASI ............................................. 3
2.2 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI ...................................... 3
2.3 PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI ........................................... 6
2.4 DAMPAK TEKNOLOGI DALAM BIDANG PENDIDIKAN .................... 11
BAB III KESIMPULAN ....................................................................................... 13
3.1 KESIMPULAN ............................................................................................. 13
3.2 SARAN ......................................................................................................... 13
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................ 14
BAB I PENDAHULUAN
1.1 LATAR
BELAKANG
Sejak dulu teknologi sudah digunakan manusia.
Manusia menggunakan teknologi karena manusia memiliki akal dan pikiran. Dengan
akalnya ia menciptakan teknologi untuk membantunya keluar dari masalah, ingin
hidup lebih baik, lebih aman dan sebagainya. Perkembangan teknologi terjadi
karena seseorang menggunakan akalnya dan pikirannya untuk menyelesaikan setiap
masalah.
Di Negara-negara yang sedang berkembang, tentunya
memerlukan begitu banyak hal untuk
mendukung perkembangan negara mereka. Negara-negara tersebut saling
meningkatkan berbagai kemampuan mereka dalam segala aspek kehidupan masyarakat.
Dan saat ini, segala aspek kehidupan tersebut telah mampu berkembang dengan
pesatnya, Perkembangan tersebut beriringan pula dengan perkembangan masyarakat,
dari masyarakat yang tradisional menjadi masyarakat modern. Kemudian secara
otomatis perkembangan tersebut menuntut masyarakat menuju kearah globalisasi.
Penyebab utama yang paling terasa pada perubahan tersebut adalah pada aspek
Teknologi Informasi, contoh paling sederhana tentang hal ini adalah bila pada
masyarakat yang masih tradisional dahulu dalam pencapaian informasi dari jarak
jauh memerlukan waktu yang begitu lamanya, karena saat itu masih menggunakan
cara pengiriman pesan masih sederhana yaitu surat-menyurat, kemudian berkembang
menjadi faksimile kemudian telepon, dan sekarang pada tingkat yang lebih modern
telah muncul melalui media internet.
Tentu kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan
yang begitu besar pada kehidupan umat manusia dengan segala peradaban dan
kebudayaannya. Selain memberikan manfaat yang begitu besar bagi masyarakat,
perubahan ini juga memberikan dampak negatif terhadap masyarakat. Khususnya
masyarakat dengan budaya dan adat ketimuran seperti Indonesia. Saat ini, di
Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap
nilai-nilai kebudayaan yang di anut masyarakat, baik masyarakat perkotaan
maupun pedesaan (modernisasi).
Kemajuan teknologi seperti televisi, telepon dan
telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota,
namun juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat di pelosok-pelosok desa.
Akibatnya, segala informasi baik yang bernilai positif maupun negatif, dapat
dengan mudah di akses oleh masyarakat. Dampak positif misalnya, kemudahan dalam
berkomunikasi lewat telepon seluler atau internet, mudahnya mendapatkan
informasi dari internet, sekarang masyrakat tidak hanya bisa berkomunikasi
lewat telepon seluler sedangkan hal
negatifnya ialah, banyaknya kasus penipuan lewat sms, akun facebook yang dibobol,
dan yang lebih parah lagi sandi atau password ATM yang mudah dibobol oleh
orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
1.2 RUMUSAN
MASALAH
1. Apa pengertian dari Informasi
2. Bagaimana Perkembangan Teknologi Informasi
3. Manfaat dari Teknologi Informasi
4. Bagaimana dampak Teknologi dalam bidang
pendidikan
1.3 MANFAAT
Makalah ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan
dalam tentang perkembangan teknologi informasi sampai saat ini dan sebagai
bahan pembelajaran tentang perkembangan teknologi informasi.
1.4 TUJUAN
1. Mengetahui tentang teknologi informasi.
2. Mengetahui Perkembangan Teknologi Informasi saat
ini.
3. Mengetahui apa manfaat dari perkembangan
teknologi informasi.
4. Mengetahui apa dampak teknologi informasi
dalam bidang pendidikan.
BAB II PEMBAHASAN
2.2 DEFINSI
DAN PENGERTIAN INFORMASI
Istilah informasi Sering kita soroti dalam lingkup
Teknologi, seperti istilah teknologi informasi yang umum kita ketahui. Namun
informasi memiliki pengertian yang sangat luas bukan hanya ada dalam teknologi.
Meskipun kenyataannya tidak bisa kita pungkiri bahwa informasi ini memiliki
kaitan erat dengan teknologi, karena dengan perkembangan teknologi itu sendiri
informasi juga berkembang dengan pesat, karena itu tepat lah bahwa perkembangan
teknologi dan informasi ini membentuk sebuah era yaitu “Era Informasi”.
Secara Etimologi, Kata informasi ini berasal dari
kata bahasa Perancis kuno informacion (tahun 1387) mengambil istilah dari
bahasa Latin yaitu informationem yang berarti “konsep, ide atau garis besar,”.
Informasi ini merupakan kata benda dari informare yang berarti aktivitas
Aktifitas dalam “pengetahuan yang dikomunikasikan”,
Informasi bisa menjadi fungsi penting dalam membantu mengurangi rasa cemas pada
seseorang. Menurut pendapat Notoatmodjo (2008) bahwa semakin banyak memiliki
informasi dapat memengaruhi atau menambah pengetahuan terhadap seseorang dan
dengan pengetahuan tersebut bisa menimbulkan kesadaran yang akhirnya seseorang
itu akan berperilaku sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya.
Definisi Informasi dalam KBBI Informasi /in•for•ma•si/ Berarti
1.
penerangan;
2.
pemberitahuan; kabar atau berita tt sesuatu;
3. Ling
keseluruhan makna yg menunjang amanat yg terlihat dl bagian-bagian amanat itu;
2.3 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI
1. Masa Prasejarah
Orang purba berkomunikasi dengan menggambarkan
informasi yang mereka peroleh dengan cara menggambarkannya di dinding-dinding
gua. Selain menggunakan gambar di gua, orang pada zaman dahulu menggunakan asap
untuk melakukan komunikasi. Hal ini biasa dilakukan oleh suku bangsa Indian di
Amerika. Mereka menggunakan asap sebagai tanda peringatan, tanda bahaya, dan
meminta bantuan.
Tulisan mulai dikenal pada tahun 3.000 SM oleh
bangsa Sumeria dengan menggunakan simbol. Di Indonesia sendiri, tulisan mulai
dikenal pada zaman kerajaan-kerajaan kuno, seperti Kutai, Pajajaran, Majapahit,
dan Sriwijaya. Pada masa kerajaan kuno, penggunaan tulisan sebagai alat
komunikasi hanya terbatas sebagai kegiatan surat-menyurat antarkerajaan.
Orang-orang kerajaan menggunakan berbagai bahan, seperti kulit kayu, daun
lontar, serta batu prasasti sebagai media komunikasi. Pada saat itu, alat
komunikasi hanya digunakan oleh kalangan-kalangan tertentu, seperti raja dan
bangsawan.
2. Masa Modern
Bagaimanakah perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi pada masa modern? Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi, masa modern merupakan masa keemasan bagi teknologi informasi dan
teknologi. Pada masa modern, telah diciptakan alat-alat dan sistem canggih
untuk mempermudah manusia melakukan komunikasi. Apa saja alat-alat komunikasi
pada masa modern? Berikut akan dijelaskan tiga contoh media komunikasi modern
yang sangat dikenal.
A. Surat Kabar
Surat kabar adalah media cetak yang berisi berbagai
informasi. Surat kabar disebut juga dengan koran. Di dalam koran terdapat
informasi dengan berbagai topik, seperti peristiwa politik, olah raga, hiburan,
budaya, dan cuaca.
Jika
dilihat dari isinya, koran dapat dibagi menjadi koran umum dan koran khusus.
Koran umum biasanya terbit setiap hari dan memuat berbagai informasi umu.
Adapun koran khusus ada yang terbit seminggu sekali atau sebulan sekali. Koran
khusus biasanya berisi informasi dalam bidang-bidang tertentu, seperti
informasi bidang pertanian, industri, olahraga, dan kesenian.
Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi, sekarang koran tidak hanya berbentuk kertas saja. Sekarang koran
disertai dengan versi online-nya di jaringan internet. Tahukah kamu koran di
Indonesia yang memiliki versi online-nya?
B. Telepon
Telepon
pertama kali diciptakan oleh Alexander Graham Bell (Redaksi Kelasabil:Perlu
ditela'ah lagi sumbernya) pada tahun 1876. Telepon merupakan alat yang dapat
mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik. Dengan menggunakan telepon,
kita dapat berkomunikasi secara lisan dengan seseorang yang berjarak jauh.
Telepon merupakan alat komunikasi yang sangat
bermanfaat dan sangat praktis. Oleh karena itu, perkembangannya sangatlah
pesat. Pada awalnya, telepon hanya terbatas pada telepon tetap (fixed line telephone).
Namun sekarang, teknologi telepon telah berkembang menjadi telepon seluler
(handphone). Telepon seluler sangat praktis digunakan karena dapat digunakan
dimana saja. Hingga saat ini, teknologi handphone telah berkembang sangat
pesat. Handphone sekarang bukan hanya sebagai alat untuk menelpon, namun dapat
digunakan juga sebagai pemutar musik, video, dan kamera.
C. Televisi
Televisi ditemukan pada tahun 1883 oleh Paul Nipkow.
Penemuan televisi berawal dari ditemukannya cakram logam (metal) yang berputar
dan memiliki banyak lubang. Televisi merupakan alat penangkap siaran bergambar.
Saat ini, televisi memberikan begitu banyak manfaat dan informasi kepada kita.
Dari siaran-siaran yang ditayangkan televisi, kita dapat memperoleh informasi
mengenai berita, olahraga, dan hiburan. Televisi menjadi alat komunikasi yang
penting bagi manusia. Sekarang, hampir di setiap rumah terdapat televisi.
Perkembangan teknologi televisi begitu pesat. Dulu,
kita hanya bisa menikmati televisi hitam putih, namun sekarang kita bisa
menikmati televisi berwarna. Dari segi layarnya pun dulu berbentuk cembung,
sekarang terdapat televisi plasma dan berlayar datar.
D. Komputer
Saat ini, manusia sangat terbantu pekerjaannya oleh
suatu alat yang disebut komputer. Semua pekerjaan menjadi lebih efisien dengan
bantuan komputer. Hampir di setiap rumah dan perkantoran kita dapat menemukan
komputer.
Komputer berasal dari kata to compute yang berarti
menghitung. Untuk mempelajari sejarah komputer, kita tidak bisa lepas dari
sejarah perkembangan alat hitung. Hal ini disebabkan oleh dasar prinsip kerja
komputer sebagai alat hitung.
Perkembangan komputer dimulai dengan adanya alat
yang disebut Abacus, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu. Alat ini
memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian
geser yang diatur pada sebuah rak.
Pada tahun 1642, Blaise Pascal, menemukan kalkulator
roda numerik (numerical wheel calculator). Alat ini kemudian dinamakan
Pascaline. Pascaline menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk
menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung
bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk
melakukan penjumlahan.
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman,
Gottfred Wilhem von Leibniz memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang
dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan
menggunakan roda-roda gerigi.
Perkembangan selanjutnya dilakukan oleh seorang
profesor matematika Inggris, Charles Babbage. Pada tahun 1822, ia menciptakan
suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensial. Mesin tersebut
dinamakan Mesin Differensial. Mesin tersebut kemudian berkembang menjadi
Analytical Engine. Anlytical Engine terdiri atas sekitar 50.000 komponen.
Desain dasar dari Analytical Engine menggunakan kartu-kartu perforasi
(berlubang-lubang) yang berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut.
Anylitical Engine menjadi pelopor perkembangan komputer pada
tahun-tahun kedepannya. Berikut akan dijelaskan perkembangan komputer dari
tahun ke tahun.
1) Komputer generasi pertama
Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung
vakum untuk memproses dan menyimpan data. Komputer generasi pertama dapat
membantu para ahli dalam menyelesaikan masalah perhitungan dengan cepat dan
tepat. Beberapa komputer generasi pertama, antara lain ENIAC (Electronic
Numerical Integrator And Calculator), EDVAC Computer, EDSAC COMPUTER, dan
UNIVAC 1 Computer.
2) Komputer generasi kedua
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi
perkembangan komputer. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada
tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik
membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat,
lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya.
Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan
komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki
komponenkomponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini:
printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini
adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun
1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua
untuk memproses informasi keuangan.
3) Komputer generasi ketiga
Perkembangan komputer generasi ketiga komputer
menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip.
Transistor yang digunakan di komputer generasi kedua digantikan dengan IC
(Integrated Circuit). Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah
penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk
menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program
utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
4) Komputer generasi keempat
Perkembangan komputer generasi keempat bertujuan
mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Pada komputer
generasi keempat, dikembangkan teknologi Large Scale Integration (LSI) yang
dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980- an, Very
Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip
tunggal.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan
Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. IBM
PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, AMD k6, dan Athlon,
merupakan sebagin komputer yang masuk ke dalam golongan komputer generasi
keempat.
5) Komputer generasi kelima
Rencana masa depan komputer generasi ke lima adalah komputer yang telah
memiliki Artificial Intelligence (AI). Sehingga komputer di masa depan dapat
memberikan respon atas keinginan manusia.
Ciri ciri komputer generasi kelima adalh sebagai berikut :
1.
Komputer generasi ini masih dalam tahap pengembangan
dan pemakainya belum banyak. Pengembangan komputer genarasi ini dipelopori oleh
negara Jepang
2.
Komponen elektronikanya menggunakan bentuk
paling baru dari chip VLSI
3.
Program dibuat dalam bahasa PROLOG (Programming
Logic) dan LISP (List Processor)
4.
Komputer generasi kelima difokuskan kepada AI
(Artificial Inteligence / Kecerdasan Buatan), yaitu sesuatu yang berhubungan
dengan penggunaan komputer untuk melaksanakan tugas-tugas yang merupakan analog
tingkah laku manusia.
2.3 PEMANFAATAN
TEKNOLOGI INFORMASI
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah
data, menyimpan dan menyajikan data serta menampilkannya menjadi sebuah
informasi. Istilah komputer berasal dari bahasa latin “Computare” yang
mengandung arti “Menghitung”. Tetapi seiring perkembangan zaman komputer tidak
hanya berfungsi untuk pengolahan data aritmatika tetapi juga dipakai untuk
banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika (Suryadi, 1996).
Penggunaan komputer
sangat beragam sesuai fungsi dan data yang diolah. Komputer digital pertama,
memiliki ukuran yang besar dan membutuhkan biaya besar untuk pembuatannya.
Komputer pada masa itu umumnya digunakan untuk mengerjakan perhitungan ilmiah.
ENIAC, komputer awal AS semula didesain untuk memperhitungkan tabel ilmu
balistik untuk persenjataan (artileri), menghitung kerapatan penampang neutron
untuk melihat jika bom hidrogenakan bekerja dengan semestinya (perhitungan ini,
yang dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari 1946 dan melibatkan lebih dari
satu juta kartu punch, memperlihatkan bentuk lalu di bawah pertimbangan akan
gagal). CSIR Mk 1/CSIRAC, komputer pertama Australia, mengevaluasi pola curah
hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains, suatu proyek pembangkitan
Hidroelektrik besar. Selain itu juga dipakai dalam kriptanalisis, misalnya
komputer elektronik digital yang pertama, Colossus, dibuat selama Perang Dunia
II. Akan tetapi, visionaris awal juga menyangka bahwa pemrograman itu akan
membolehkan main catur, memindahkan gambar dan penggunaan lain (Hasyim, 2008).
Penemuan mikroprosesor
di 1970-an, menjadi mungkin menghasilkan komputer yang sangat murah. PC menjadi
populer untuk banyak tugas, termasuk menyimpan buku, menulis dan mencetak
dokumen. Perhitungan meramalkan dan berulang matematika dengan lembatang sebar,
berhubungan dengan e-posdan, internet (Wahono, 2006). Ukuran komputer seiring perkembangan zaman
dapat digolongkan ke dalam komputer mikro(micro computer), komputer mini (mini
computer), komputer kecil (small computer), komputer menengah (medium
computer), komputer besar (large computer) dan komputer super (super computer)
(Supriyanto, 2005).
Penerapan komputer
sangat memudahkan kehidupan manusia. Seiring perkembangan dunia IT berimbas
pada perkembangan berbagai macam aspek kehidupan manusia. Salah satu aspek yang
terkena efek perkembangan dunia teknologi komputer adalah pendidikan,
perbankan, industri, penerbangan, militer dan riset biologi (Jogiyanto, 2003).
Adapun penerapan aplikasi
komputer di berbagai bidang yaitu :
1. Dalam bidang Industri
Penggunaan komputer dalam bidang industri sekarang
ini telah meluas digunakan karena memungkinkan proses produksi di dalam
industri lebih efisien dan lebih efektif. Di bidang industri dan manufaktur
komputer dipergunakan untuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan
tinggi, misalnya CNC (Computer Numerical Contor) pengawasan numeric atau
perhitungan, CAM (Computer Aided Manufacture), CAD (Computer Aided Design),
yaitu untuk merancang bentuk desain sebuah produk yang akan dikeluarkan pada
sebuah industri atau pabrik, misalnya munculnya sebuah mesin serba guna dalam
industri metal. Dalam proses produksi
komputer dapat digunakan untuk pengawasan numeric atau pengawasan proses
(control proces). Pengawasan numeric (numeric control) berarti pengawasan
secara otomatis terhadap posisi dan operasi mesin-mesin yang digunakan.
Pengawasan Proses berarti menyediakan otomatisasi di dalam operasi proses yang
kontinyu. Komputer untuk pengawasan proses digunakan pada industri yang mebuta
otomatis proses produksi dan mengatur secara otomatis variable-variabel yang
mempengaruhi proses produksi (Yuhefizar, 2003).
Komputer yang dipergunakan untuk mengontrol
mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya CNC (Computer Numerical
Contor) pengawasan numeric atau perhitungan, CAM (Computer Aided
Manufacture), CAD (Computer Aided
Design), yaitu untuk merancang bentuk (desain) sebuah produk yang akan
dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik, misal sebuah mesin serba guna
dalam industri metal sehingga dapat kita jumpai berbagai produk industri logam
yang bervariasi dan kita bayangkan sulit apabila dikerjakan secara manual.
Banyak pula mesin-mesin dalam industri garmen dilengkapi dengan kontrol
komputer, misalnya melakukan pewarnaan, membuat border, dan sebagainnya
(Sudirman, 2003).
Selain itu industri modern saat ini juga
memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam
sebuah industri yang dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin dikerjakan
manusia. Contohnya tangan robot dikontrol oleh komputer digunakan untuk
memasang komponen-komponen renik dan chip-chip pada motherboard komputer
(Pressman, 2002).
Banyak pula mesin-mesin dalam industri garmen
dilengkapi dengan kontrol komputer, misalnya melakukan pewarnaan, membuat
border, dan sebagainnya. Selain itu industri modern saat ini juga memanfaatkan
robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri
yang dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin dikerjakan manusia. Contohnya
adalah merakit kendaraan, mobil, motor, atau alat-alat berat lain telah
dikontrol melalui komputer. Hal tersebut terjadi, karena dengan dengan
pemanfaatan tekonologi komputer pekerjaan di bidang industri akan lebih cepat
terlaksana dan praktis, sehingga manusia hanya bertugas menjalankan komputer
yang telah dirancang untuk mempermudah dalam proses pekerjaanya.
Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa peran komputer dalam
bidang industri besar, di antaranya adalah sebagai berikut.
a.
Sebagai alat bantu untuk merancang produk baru
secara cepat, mudah, dan tepat (akurat).
b.
Proses produksi dapat dilakukan dengan sesedikit
mungkin tenaga manusia sehingga mengurangi resiko fisik yang dapat dialami oleh
manusia.
Keuntungan dari penggunaan teknologi komputer :
·
Industri yang telah mampu melakukan e-commerce
dapat mempermudah transaksi-traansaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan
·
Mudahnya melakukan pemasangan iklan produk
sebuah hasil industri
Kerugian yang dapat muncul dari teknologi komputer ini :
1.
Mudahnya terjadi cyber crime terhadap jaringan
pada sebuah industri
2.
Dapat terjadinya pembobolan rekening perusahaan,
yang dapat menimbulkan kerugian finansial yang besar
Dari hal ini kita dapat menyimpulkan bahwa teknologi komputer dapat
membawa keuntungan dan kerugian pada sebuah industri juga karena campur tangan
manusia
2. Dalam bidang Kedokteran atau Kesehatan
Kegunaan komputer di bidang kedokteran salah satunya
adalah untuk mendiagnosa penyakit yang tidak terlihat dan menemukan obat yang
tepat. Komputer memudahkan seorang dokter dalam menganalisa organ-organ tubuh
manusia tanpa operasi dan memudahkan dalam menganalisa organ tubuh manusia
bagian dalam yang sulit dilihat tanpa melakukan operasi dengan menggunaan
komputer.
Dalam dunia kedokteran telah ditandai munculnya
penggunaan komputer yaitu dengan menggunakan sistem CAT (Computerized Axial
Tomography) digunakan untuk menggambar struktur otak dan mengambil gambar
seluruh organ tubuh yang tidak bergerak dengan cara menggunakan sinar-X.
Sedangkan untuk yang bergerak menggunakan sistem DSR (Dynamic Spatial
Reconstructor), yaitu melihat gambar dari berbagai sudut organ tubuh. SPECT
(Single Photon Emission Computer Tomography), merupakan suatu sistem komputer
yang mempergunakan gas radiokatif untuk mendeteksi partikel-partikel tubuh yang
ditampilkan dalam bentuk gambar. Bentuk lain adalah PET (Position Emission
Tomography) merupakan suatu sistem komputer yang menampilkan gambar yang
mempergunakan isotop radioaktif. Selain itu NMR (Nuclear Magnetic Resonance),
yaitu teknik mendiagnosa dengan cara memagnetikkan nucleus (pusat atom) dari
atom hydrogen. Dengan munculnya pemanfaatan komputer dalam bidang kedokteran,
hal tersebut sangat membantu seorang dokter dalam mendiagnosis penyakit
sekaligus memberi obat. Komputer secara tidak langsung telah membantu manusia
untuk mengetahui penyakit yang dideritanya hingga sampai pada tahap
penyembuhan.
Sebagai kesimpulannya, manfaat dari penerapan komputer dalam bidang
kedokteran maupun kesehatan di tiap-tiap aplikasinya antara lain sebagai
berikut :
·
Mendiagnosa suatu penyakit dan menentukan obat
yang cocok
·
Melihat dan menganalisa organ – organ tubuh
bagian dalam manusia
·
Memonitoring status pasien, merecord data
pribadi pasien dan riwayat penyakit pasien
·
Melakukan penelitian ilmiah yang diperlukan
·
Memasukkan, menyimpan, menggelompokkan dan
mengolah data – data secara cepat dan mudah
·
Mendeteksi DNA seseorang
·
Mengecek dan mengethaui hasil tes darah di
laboratorium
·
Sebagai alat Bantu dalam pemeriksaan medis
Intinya, dengan adanya komputer kegiatan – kegiatan yang tadinya belum
bisa dilakukan, saat ini sudah dapat dilakukan dengan komputer. Penggunaan
komputer membuat pekerjaan seseorang menjadi lebih mudah, cepat dan akurat.
3. Dalam bidang Militer
Di bidang militer komputer digunakan untuk
mengendalikan senjata atau peluru kendali. Untuk navigasi kapal laut dan kapal
selam, untuk melakukan simulasi peperangan, dan melakukan
pengiriman sandi-sandi rahasia militer (Rahmat, 2003).
Di bidang penerbangan dan luar angkasa komputer
digunakan untuk mengatur kendali pesawat menggantikan pilot, menghitung
ketinggian pesawat, mengendalikan panel-panel kendali seperti keadaan mesin,
bahan bakar, dan kecepatan. Komputer juga digunakan untuk mengendalikan pesawat
ruang angkasa baik dengan awak maupun tanpa awak ke planet dan mempelajari
keadaan dan isi planet diluar angkasa. Di bidang militer komputer juga
bermanfaat untuk mengendalikan senjata atau peluru kendali. Komputer juga
digunakan untuk navigasi kapal laut dan kapal selam, juga untuk melakukan
simulasi peperangan, dan melakukan pengiriman sandi-sandi rahasia militer.
Di bidang militer, tentu saja computer memiliki banyak peranan penting,
yaitu di antaranya :
a. Mengendalikan
senjata dan peluru kendali
Komputer digunakan untuk mensimulasikan perilaku
sistem senjata dan memberikan praktik kepada orang yang dilatih dan
memungkinkan mereka belajar dari kesalahan fatal yang mematikan. Computer juga
dapat merekam kinerja yang berlatih dan menampilkannya kembali. Banyak anggota
militer masuk medan perang dengan pengalaman terbatas dalam penggunaan amunisi.
Computer dapat digunakan untuk mengidentifikasi
target dan mengarahkan peluru mereka. Tentara dan senjatanya dapat dilengkapi
oleh penerima Global Positioning System (GPS) yang mengidentifikasi lokasi
teman atau lawan. Bahkan computer pun dapat membantu menciptakan penangkal
senjata yang notabene canggih seperti penangkal rudal. Peluru kendali atau
biasa disebut rudal, peluru berpandu atau misil adalah senjata roket militer
yang bisa dikendalikan atau memiliki sistem pengendali otomatis untuk mencari
target atau menyesuaikan arah.
Ada beberapa macan peluru kendali, yaitu :
·
Balistik merupakan peluru kendali yang memakai
lintasan trayektori yang ditentukan oleh balistik dalam sistem pengirimannya.
Peluru kendali ini hanya dikendalikan dalam masa peluncuran saja
·
Jelajah merupakan peluru kendali yang memakai
sayap dan menggunakan jet sebagai tenaga penggerak. Peluru kendali jelajah
intinya adalah bom terbang.
·
Anti kapal merupakan rudal yang fungsi utamanya
adalah untuk menghancurkan kapal
b. Operasi persandian
dan juga pengirimannya
Selaras dengan peningkatan tugas umum pemerintah dan
pembangunan, perubahan lingkungan stategik persandian, dan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi, maka kegiatan persandian mengalami banyak perubahan.
Pengembangan tersebut meliputi aspek pemanfaatan persandian di lingkungan
instansi pemerintah, pengembangan organisasi, dan pengembangan teknologi
persandian yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.
Dalam era teknologi informasi modern dikenal
internet dan komputer yang mampu mentransmisikan secara elektronis (komunikasi
elektronis) segala bentuk data informasi secara cepat, tepat, efektif efisien
serta convenient (nyaman, gampang). Bahkan para industri teknologi informasi
meng-claim dapat pula menjamin konfidensialitas (kerahasiaan)
berita/informasinya dalam sistem komunikasi yang umum dan terbuka itu. Perlu
diamati lebih dalam dan tajam apakah ”umum dan terbuka” itu benar-benar mampu
melindungi konfidensialitas atau kerahasiaan pada umumnya.
c. Simulasi Perang
Simulasi adalah program (software) komputer yang
berfungsi untuk menirukan perilaku sistem nyata (realitas) tertentu. Tujuan
simulasi antara lain untuk pelatihan (training), studi perilaku sistem
behaviour) dan hiburan / permainan (game).Beberapa contoh simulasi komputer,
antara lain : simulasi terbang (ight simulation), simulasi sistem ekonomi
makro, simulasi sistem perbankan, simulasi antrian layanan bank (service
queue), simulasi game strategi pemasaran (market game), simulasi perang (war
game simulation), simulasi mobil (car simulation), simulasi tenaga listrik
(power plan simulation), simulasi tata kota (sim city).
Dalam hal peningkatan kemampuan pasukan, US Army
mencoba model pertempuran yang menghubungkan setiap prajurit dengan sistem
senjata secara elektronis. Tim peneliti dari Motorola dan laboratorium US Army
di Natick, Massachusetts, merencanakan suatu prototipe dari peralatan untuk
tentara masa depan. Helm prajurit dilengkapi dengan mikrofon untuk komunikasi,
night-vision goggles dan thermal-imaging sensors untuk melihat di tempat gelap,
dilengkapi layar di depan mata untuk mengetahui posisi dan mampu memberikan
informasi yang akurat. Selama simulasi pertempuran di Fort Leavenworth, Kansas,
divisi infantri dengan 20.000 personel, yang dilengkapi perlengkapan yang
mutakhir tersebut, mampu menaklukkan pasukan dengan kekuatan tiga kali lebih
besar. (Washington, D. W. Onward Cyber Soldier. Time Magazine, 146 (8))
d. Navigasi alat-alat
perang
Computer pun digunakan untuk navigasi alat perang,
contohnya radar dan sonar. Radar adalah singkatan dari Radio Detection dan
Ranging. Alat ini hampir sama dengan sonar, tetapi menggunakan gelombang radio
sebagai pengganti gelombang suara. Gelombang radio dipancarkan dan dipantulkan
kembali oleh benda keras yang diterpanya. Semakin jauh benda yang diterpa
gelombang itu semakin lama waktu yang dibutuhkan oleh gelombang untuk kembali.
Bentuk benda dan jaraknya ditayangkan pada sebidang layar mirip televisi.
Radar dikembangkan pada tahun 1930-an dan digunakan
dalam Perang Dunia II untuk mengetahui kadatangan pesawat musuh. Kini radar
digunakan dalam banyak bidang. Radar digunakan kapal laut dan pesawat terbang
untuk melihat keadaan sekelilingnya pada waktu malam dan dalam kabut tebal.
Sonar adalah alat yang mula-mula digunakan untuk
menemukan kapal selam di bawah air. Alat itu diciptakan oleh Inggris selama
Perang Dunia I untuk memburu kapal selam Jerman yang menenggelamkan banyak
kapal sekutu. Sonar merupakan akronim dan Sound Navigation and Ranging artinya
navigasi dan penentuan jarak dengan bantuan bunyi.
2.4 DAMPAK
TEKNOLOGI DALAM BIDANG PENDIDIKAN
Dampak Positif Teknologi
Informasi Dalam Pendidikan
1.
Informasi yang dibutuhkan untuk menjadi lebih
cepat dan lebih mudah dalam mengakses tujuan pendidikan.
2.
Inovasi dalam pembelajaran tumbuh di hadapan
e-learning inovasi yang lebih memudahkan proses pendidikan.
3.
Kemajuan TIK juga akan memungkinkan pengembangan
teleconference kelas virtual atau kelas yang berbasis yang tidak memerlukan
pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
4.
Sistem administrasi pada lembaga pendidikan akan
lebih mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
5.
Munculnya media massa, khususnya media
elektronik sebagai sumber pengetahuan dan pendidikan pusat.
6.
Munculnya metode pembelajaran yang baru, yang
memungkinkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan
teknologi menciptakan metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi yang
abstrak, karena materi dapat dibuat dengan bantuan teknologi abstrak.
7.
Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap
muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan
siswa dan guru, tetapi juga dapat menggunakan layanan pos, internet dan
lain-lain.
8.
Mengurangi lag dalam penggunaan TIK dalam
pendidikan dibandingkan dengan negara-negara berkembang dan negara maju
lainnya.
9.
Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui
pengembangan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.
10.
ICT sebagai sistem pendukung keputusan dalam
dunia pendidikan. Guru meningkatkan kompetensi mereka dalam berbagai bidang
ilmu pengetahuan dan profil lembaga pendidikan yang diakui oleh Pemerintah.
11.
Berbagi hasil penelitian, penelitian yang
dipublikasikan dalam internet akan mudah digunakan oleh orang lain di seluruh
penjuru dunia dengan cepat.
12.
Konsultasi dengan ahli, konsultasi ahli di
bidang undangan dapat dilakukan dengan mudah bahkan jika para ahli sangat
banyak di tempat.
13.
Perpustakaan online, perpustakaan online adalah
perpustakaan dalam bentuk digital.
14.
Diskusi online. Diskusi online adalah diskusi
yang dilakukan melalui internet.
15.
Kelas online. Aplikasi kelas online dapat
digunakan untuk lembaga-lembaga pendidikan jarak jauh, seperti universitas dan
sekolah-sekolah terbuka. “Computer Aided Instruction” telah melihat sedikit
peningkatan kinerja siswa pada pilihan ganda, pengujian standar di beberapa
daerah. Computer Aided (atau dibantu) Instruksi (CAI), yang umumnya mengacu
pada siswa belajar mandiri atau tutorial pada PC, telah terbukti sedikit
meningkatkan nilai tes siswa dalam membaca dan matematika keterampilan atau
mata pelajaran lain, meskipun apakah peningkatan ini berkorelasi dengan
peningkatan yang signifikan dalam belajar siswa.
16.
TIK digunakan dalam mata pelajaran sekolah yang
berbeda. Penggunaan ICT untuk simulasi dan pemodelan dalam sains dan matematika
telah terbukti efektif, karena memiliki perangkat lunak pengolah kata dan
komunikasi (e-mail) dalam pengembangan bahasa dan kemampuan komunikasi siswa.
17.
Akses luar sekolah mempengaruhi kepercayaan
pengguna. Siswa yang menggunakan komputer di rumah juga menggunakan komputer di
sekolah lebih sering dan lebih percaya diri daripada siswa yang tidak memiliki
akses di rumah mereka.
Dampak Negatif Teknologi
Informasi Dalam Pendidikan
1.
Ada biaya besar yang terlibat antara siswa
miskin dan pendidikan yang bisa berakhir menjadi kerugian. Hal ini sering
disebut sebagai faktor kesenjangan digital. Beberapa dampak negatif dari da
Komunikasi Teknologi Informasi dalam pendidikan, antara lain:
2.
Kemajuan TI akan semakin memudahkan pelanggaran
Hak Kekayaan Intelektual (HKI) karena akses mudah ke data yang menyebabkan
orang plagiatis akan melakukan kecurangan.
3.
Meskipun sistem administrasi suatu lembaga
pendidikan seperti sistem tanpa celah, tetapi jika ada kecerobohan dalam
menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
4.
Salah satu dampak negatif televisi adalah
melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang
singkat (jangka pendek perhatian).
5.
Tes Program kerahasiaan semakin terancam tes kecerdasan
seperti tes Raven, Differential Uji bakat dapat diakses melalui compact disk.
Implikasi dan masalah tes psikologis yang ada akan mudah bocor, dan
pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan tingkat kebocoran melalui
internet.
6.
Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang
tertentu untuk melakukan tindak pidana. Kita tahu bahwa kemajuan di bidang
pendidikan juga mencetak generasi e-book tinggi berpengetahuan tetapi moral
yang rendah. Misalnya, dengan ilmu komputer yang tinggi maka orang akan mencoba
untuk menerobos sistem perbankan dan lain-lain.
7.
Tidak membuat TI sebagai media atau sarana hanya
dalam belajar, misalnya, kita tidak hanya men-download, tapi masih membeli buku
cetak, tidak hanya mengunjungi perpustakaan digital, tetapi juga masih mengunjungi
perpustakaan.
8.
Pertimbangkan penggunaan TI dalam pendidikan,
khususnya bagi anak-anak yang masih berada dalam kendali sementara membuat
pembelajaran dengan TI. Analisis pro dan kontra penggunaan.
9.
Mahasiswa dan kadang-kadang guru, bisa aspek
adiktif teknologi, bukan isi pelajaran. Hanya karena topik dapat diajarkan
melalui TI, itu tidak berarti bahwa itu diajarkan secara efektif melalui TI.
Bahkan jika subjek dapat diajarkan secara efektif melalui TI, dan ada uang yang
tersedia, itu tidak berarti bahwa selalu ada manfaat untuk itu. Ada banyak
penelitian atau studi yang dilakukan untuk melihat dan melihat apakah
penggunaan TIK dapat meningkatkan pembelajaran.
10.
Perlu untuk tujuan yang jelas. TI dipandang
kurang efektif (atau tidak efektif) saat tujuan penggunaannya tidak jelas.
Seperti untuk menggunakan internet untuk mencari video porno saat menggunakan
komputer di sekolah.
BAB III KESIMPULAN
3.1 KESIMPULAN
Semua hasil pengembangan IPTEK khususnya dibidang
teknologi informasi telah mampu mengatasi sebagian besar masalah manusia dalam
berbagai macam kegiatan pemenuhan kebutuhan hidup. Di zaman yang modern ini
semua serba instan, cepat dan tepat. Walaupun demikian, selain adanya dampak
negatif dari teknologi informasi, penyalahgunaan IPTEK juga sering dilakukan
oleh manusia yang tidak bertanggung jawab dalam kegiatan kejahatan, dan bahkan
merusak diri sendiri dan sesama. Sebagai makhluk yang berakal budi, maka kita
seharusnya mensyukuri dan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi ini untuk
menjadikan hidup kita ke arah yang lebih baik.
3.2 SARAN
Telah kita sadari bahwa kemajuan teknologi saat ini
banyak memberikan manfaat yang begitu besar bagi kehidupan manusia dalam
berbagai aspek dalam kehidupan, baik dalam bidang pendidikan, ekonomi, sosial,
dan lain sebagainya.
Namun kita tidak dapat pungkiri selain bahwa
teknologi dapat mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia. Oleh karena
itu untuk mencegah atau mengurangi akibat negatif kemajuan teknologi,
pemerintah di suatu negara harus membuat peraturan-peraturan atau melalui suatu
konvensi internasional yang harus dipatuhi oleh pengguna teknologi.
DAFTAR PUSTAKA
https://tikom2sobang.wordpress.com/topik/kelas-vii/sejarah-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi
http://www.ribut.info/306/sejarah-perkembangan-dunia-teknologi-informasi-dan-komunikasi
http://www.definisi-pengertian.com/2015/03/definisi-dan-pengertian-informasi.html
http://fantasykomas.blogspot.com/2013/11/penggunaan-komputer-dalam-masyarakat_8.html
http://nisfaasiria.blogspot.com/2014/05/implementasi-teknologi-sistem-komputer_6647.html
http://www.wedaran.com/6551/dampak-positif-dampak-negatif-teknologi-pada-pendidikan/
http://www.dosenpendidikan.com/15-dampak-negatif-dan-positif-teknologi-informasi-dalam-bidang-pendidikan/
Link Download
Link Download
Tolong kasih DOCX'nya min .. Terimakasih
ReplyDeletesilahkan di cek link downloadnya
Deletesilahkan..
ReplyDelete:D
izin copas ya min buat tugas kuliah, nanti di poles dikit ;)
ReplyDeletejoss
ReplyDeleteSangat bermanfaat terima kasih, kunjungi website kami di http://www.atmaluhur.ac.id ,thanks
ReplyDeleteSangat bermanfaat terima kasih, kunjungi website kami di http://www.atmaluhur.ac.id ,thanks
ReplyDeleteTerimakasih sangat berguna bagi saya dan jangan lupa kunjungi website kami http://www.atmaluhur.ac.id dan blog saya 2809satnight.blogspot.com, thanks
ReplyDeleteizin copas buat referensi
ReplyDelete