Wednesday 6 January 2016

UAS PTI

1. Mengapa Sistem Infomasi dan Teknologi Informasi diperlukan oleh suatu organisasi/perusahaan/instansi ?


Sistem Infomasi dan Teknologi Informasi berguna untuk membantu atau meringankan pekerjaan manusia agar menjadi lebih akurat, efektif dan efisien, seperti dalam menghitung, melakukan pencarian data, dll.


2. Berikan 1 contoh studi kasus (sebutkan objek tempatnya) yang menunjukan bahwa Sistem Infomasi dan Teknologi Informasi diperlukan ! Jelaskan keunggulan dan kelemahan dengan adanya SI & TI pada organisasi/perusahaan/instansi tersebut !

Misalnya pada mini market, Sistem Infomasi dan Teknologi Informasi sangat dibutuhkan dalam mengetahui harga barang dan melakukan perhitugan. Untuk mengetahui harga barang, kasir hanya perlu membaca barcode pada kemasan barang dengan barcode reader lalu harga barang tersebut akan otomatis muncul di komputer kasir. untuk penjumlahannya pun akan dihitung secara otomatis. namun kekurangannya ialah komunukasi antara pembeli dan kasir menjadi berkurang.


3. Jelaskan apa yang kalian pahami tentang sebuah konsep dasar komputer ! Berikan 1 contoh penerapannya !

Komputer adalah suatu alat elektronik yang dapat melakukan beberapa tugas. seperti  menerima input, memproses, dan menampilkan output atau hasil dari proses yang telah dilakukan. sebagai contoh : dengan menginput harga pada aplikasi penjualan maka komputer akan melakukan proses perhitungan, kemudian akan ditampilkan hasil dari perhitungan berdasarkan harga yang telah diinputkan.


4. Di teknologi di masa yang akan datang, apabila kalian menjadi seorang ahli IT, alat teknologi apa yang akan kalian rancang dalam bidang pertanian ? Jelaskan secara detail cara kerja alat teknologi tersebut !

Teknologi yang akan saya buat adalah pengusir hama burung dengan menggunakan sensor. cara kerjanya yaitu, di setiap sudut petak sawah di tempatkan sensor-sensor yang terhubung dengan orang-orangan sawah. sehingga apabila sensor mendeteksi adanya burung yang datang secara otomatis bergerak sampai burung tersebut pergi.


5. Mengapa hardware dan software bisa bekerja sama dalam sebuah komputer ? Sementara dilihat dari fisik nya software dan hardware bertolak belakang.

Hardware dan software bisa bekerja sama karena adanya middleware. middleware berfungsi untuk menghubungkan antara hardware dan software.


6. Mengapa database dibutuhkan pada suatu aplikasi ?

Karena database dibutuhkan  untuk menyimpan data - data yang berhubungan dengan aplikasi tersebut.


7. Dalam merakit sebuah komputer, Jelaskan 3 kondisi seperti apa saja ketika harus memasang hardware tambahan pada slot peripheral ! 
  •  Ketika kita akan bermain game, namun vga onboard tidak memadai untuk menjalankan game tersebut, kita harus memasang VGA Card yang lebih memadai agar dapat menjalankan game tersebut dengan lancar.
  • Ketika suara yang dihasilkan sound card onboard kurang memuaskan, maka kita perlu memasang sound card berkualitas untuk memperoleh suara yang yang lebih baik.
  • Ketika kita ingin menonton TV di komputer, maka kita perlu memasang TV Tuner.

No comments:

Post a Comment